"Sosialisasi Dan Pelatihan Penggunaan Website Desa"

Oleh: Yacob Noho Nani . 23 Mei 2023 . 16:00:00

             

Pada pukul 11:00 WITA bertempat di aula Kantor desa Huangobotu Telah melaksanakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pengelolaan website desa yang dikembangkan dan dibantu oleh mahasiswa KKN MBKM Jurusan Administrasi Publik Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Gorontalo. Website desa ini merupakan sebuah kumpulan halaman web yang saling berhubungan dan dapat diakses melalui halaman depan menggunakan browser dan juga jaringan internet. Website desa yang menjadi sebuah sistem informasi desa yang berisi foto, video, data teks, berita, dan berbagai informasi lainnya.

SI CAKALANG (sistem cakupan administrasi digital jangka panjang) Merupakan nama domain yang digunakan dalam mengakses website Desa Huangobotu. Di pandu langsung oleh mahasiswa yang menjelaskan tentang menu–menu yang terdapat di dalam website, tata cara pembuatan artikel, memberikan id untuk layanan mandiri, mekanisme pembuatan surat keterangan untuk pelayanan, memuat dan memasukkan data teks ke dalam database website desa masyarakat yang berada di dalam wilayahnya masing–masing.

Sekretaris Desa Felin Sahidu mempunyai harapan dengan pesatnya perkembangan laju teknologi dan informasi di wilayah Kabila Bone masyarakat diharapkan dapat lebih muda mengakses informasi serta dapat membantu dalam menyampaikan yang lebih akurat, serta memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat umum yang berada di sekitar wilayah Desa Huangobotu.

Pelatihan ini dihadiri oleh karang taruna dan anggota BPD serta masyarakat dari 4 dusun yang ada di Desa Huangobotu. Kegiatan ini berlangsung dengan hikmat dan lancar. Di zaman modern seperti saat ini, kebutuhan terhadap informasi desa tidak hanya diperoleh dari media cetak ataupun media elektronik. Namun kedua jenis media tersebut memiliki keterbatasan sehingga informasi yang disebarkan melalui media cetak ataupun elektronik tidak bisa tepat sasaran. Dalam sebuah website untuk desa tersebut, berbagai lokal yang berkaitan dengan desa tersebut dapat dimasukkan, sehingga warga pun dapat menjangkau dan mengetahui informasi kapan saja. Website untuk desa juga dapat berperan sebagai media silaturahmi yang dilakukan oleh perangkat desa dengan warganya. Tersedianya website untuk desa ini memang harus dimanfaatkan untuk lebih menghubungkan perangkat desa dengan warga yang ada di desa tersebut

 

DPL : 

1. Dr. Juriko Abdussamad, M.Si.

2. Dr. Rustam tohopi S.Pd M.Si.

Penulis : Sintiya Hintalo

Agenda