Sosialisasi Tentang Sistem Pelayanan Administrasi Digital Jangka Panjang Melalui Website Desa

Oleh: Yacob Noho Nani . 28 Februari 2023 . 07:00:00

Mahasiswa Jurusan Administrasi Publik Ilmu Sosial Universitas N egeri Gorontalo melaksanakan sosialisasi tentang program inti yakni SI CAKALANG (Sistem Cakupan Administrasi Digital Jangka Panjang) yang dilaksanakan pada tanggal 28 februari 2023. Mereka melakukan sosialisasi, Kegiatan sosialisasi ini akan melibatkan aparat desa, pemangku kepentingan, karang taruna, dan seluruh masyarakat yang ada di Desa Huangobotu. Sosialisasi ini menjadi kegiatan pertama yang akan memberikan gambaran umum mengenai program yang akan dijalankan. Narasumber dalam kegiatan ini adalah mahasiswa sendiri sebagai peserta dalam MBKM mandiri proyek desa sosialisasi dihadirkan langsung oleh dosen pembimbing lapangan yaitu Bapak Dr. Rustam tohopi S.Pd M.Si.

       

Di dalam sosialisasi kali ini menjelaskan bagaimana tentang website SI CAKALANG tersebut. Yakni mengapa website tersebut sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh aparat desa karena di dalam website tersebut terdapat promosi desa, peningkatan ekonomi, pelayanan prima, dan pelayanan kesehatan. Selain itu ada juga deskripsi kegiatan di desa/berita, peraturan desa, profil desa, peta wilayah desa,layanan mandiri dan data penduduk, transparansi anggaran,visi dan misi desa, kondisi geografis desa, potensi desa, lapak penjualan online, struktur organisasi. Dan di dalam program inti ini mereka akan melakukan 5 tahap yaitu Sosialisasi, Pelatihan,Lounching,

Pembuatan website desa sebagai akses dalam penerapan sistem pengawasan administrasi digital jangka panjang (SI CAKALANG) Setelah melakukan sosialisasi terkait dengan pentingnya pelayanan kesehatan melalui SI CAKALANG, selanjutnya kita akan masuk pada agenda pembuatan website desa yang akan membantu berjalannya SI CAKALANG yang menjadi program inti.

Pembuatan website desa ini akan melibatkan teknisi yang memang ahli dalam bidang IT. Website ini akan menyajikan data yang berisi berbagai mengenai kondisi dan wilayah desa dan berbagai pelayanan yang akan diberikan oleh aparat desa, terutama pelayanan informasi kesehatan masyarakat. Proses pembuatan website ini akan memerlukan waktu kurang lebih 2 minggu dengan bantuan jaringan internet. Dalam pembuatannya akan membutuhkan kelompok masyarakat yang nantinya akan mengelola website tersebut. Luaran dari kegiatan ini adalah logbook siswa, esai, dan video selama kegiatan tersebut berlangsung. Melalui kegiatan ini diharapkan seluruh elemen masyarakat dapat memahami penggunaan teknologi digital dalam memberikan pelayanan publik.

DPL : 

1. Dr. Juriko Abdussamad, M.Si.

2. Dr. Rustam tohopi S.Pd M.Si.

Penulis : Sintiya Hintalo

 

Agenda