Kebijakan Publik Butuh Check and Balance dalam Implementasinya

Oleh: Yacob Noho Nani . 30 Agustus 2024 . 20:19:04

Gorontalo - Kuliah Umum Program Sarjana Administrasi Publik, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Gorontalo (UNG) menyelenggarakan kuliah umum bertajuk “Check and Balance dalam Implementasi Kebijakan Publik” pada Jum’at, 30 Agustus 2024 bertempat di Ruang Sidang Rektorat Lt 4. Kuliah umum ini menghadirkan narasumber terkemuka, Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si., Guru Besar Administrasi Publik dari Universitas Negeri Makassar, yang membahas berbagai aspek penting dalam pengawasan dan evaluasi kebijakan publik di Indonesia.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNG, Dr. Zuchri Abdussamad, S.I.K., M.Si., yang dalam sambutannya menekankan pentingnya pemahaman mendalam terhadap mekanisme check and balance dalam rangka menciptakan kebijakan publik yang efektif dan responsif. Turut hadir dalam kegiatan ini, para staf dosen dari Jurusan Administrasi Publik yang berperan aktif dalam diskusi dan tanya jawab. Kuliah umum ini juga melibatkan Program Magister dan Doktor Administrasi Publik Pascasarjana UNG.

Dalam paparan utamanya, Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si. mengungkapkan beberapa kelemahan yang masih ditemukan dalam implementasi kebijakan publik di Indonesia. Salah satu kelemahan utama adalah kurangnya koordinasi antar instansi pemerintah yang seringkali menyebabkan tumpang tindih kebijakan dan kurang efektifnya pelaksanaan di lapangan. Selain itu, minimnya partisipasi publik dalam proses pengambilan keputusan juga disebut sebagai faktor yang menghambat terciptanya kebijakan yang inklusif dan berkeadilan.

Prof. Haedar juga menyoroti kurang optimalnya mekanisme pengawasan dan evaluasi kebijakan, yang seharusnya menjadi alat utama dalam memastikan kebijakan yang telah diimplementasikan benar-benar memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat. "Tanpa adanya check and balance yang kuat, kebijakan publik rentan diselewengkan dan tidak tepat sasaran," tegasnya.

Diakhir kegiatan Kuliah umum ini diakhiri dengan sesi diskusi yang sangat interaktif, dimana peserta yang terdiri dari mahasiswa dan dosen berkesempatan mengajukan pertanyaan langsung kepada narasumber. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru bagi para peserta dalam memahami dinamika dan tantangan implementasi kebijakan publik di Indonesia. Pada sesi akhir Dekan Fakultas Ilmu Sosial UNG memberikan Sertfikat Narasumber sebagai pengahargaan dan apresiasi kepada Narasumber utama.

                     

Link berita yang sama  ( klik disini

#Rahman-AP FIS UNG

Agenda

30 Agustus 2024

Kuliah Umum Semester Ganjil 2024

Kuliah Umum Narasumber Prof. Dr. Haedar Akib, M.Si.